Bagaimana cara membuat koperasi?

 

 

 

Artikel ini kami dedikasikan bagi para kaum pemalas maupun intelektuil yang hanya selalu bertanya “bagaimana sih caranya bikin koperasi?” tanpa peduli pelaksanaan nilai – nilai didalamnya ataupun mendidik dirinya sendiri untuk mencari tahu lebih di dunia nyata.

 

 

Kami telah merangkum langkah – langkah  berdasarkan pengalaman Raul Akamsi yang dibutuhkan untuk membuat sebuah koperasi. Lengkap, kalau kurang silahkan cari sendiri pelengkapnya, atau bisa juga kirimkan materi kekurangan ke email kami untuk kemudian kami sunting :))

Kami berharap kedepannya ketika timbul sifat – sifat malas itu baik dari kamu atau saya, kita bisa masing – masing langsung membuka halaman ini untuk mendapat jawaban dari kemalasan mencari tahu kita di dunia nyata.

 

 

1. Adakan Rapat Pendirian

Langkah pertama serta yang terpenting dari pembuatan sebuah koperasi adalah membuat rapat pendirian koperasi dengan teman – teman anggota yang lain. Pada rapat ini yang perlu dibahas adalah : AD/ART Koperasi, Jumlah Penyertaan Simpanan Pokok & Wajib, Pengurus, dll. Dari rapat ini akan dihasilkan poin2 :

 

A. Berita Acara Pendirian

Buatlah yang namanya Berita Acara pendirian yang gunanya adalah untuk menyampaikan hal – hal berikut ini
1. Menentukan Nama Koperasi
2. Menentukan Alamat Koperasi
3. Memilih Pengurus
4. Menentukan Simpanan pokok
5. Menentukan Simpanan wajib
6. Menentukan Jenis Koperasi
7. Menentukan Usaha Koperasi

Ingat bahwa setiap poin diatas harus tercantum pada berita acara pendirian.

Bingung kerangka bakunya bagaimana? Nih : Kerangka Baku Berita Acara Pendirian. Dasar pemalas. Tidak harus diketik, kalaupun disuruh ketik, mintalah alat bantu pada pihak yang meminta 🙂

 

B. Notulensi

Catat notulensi rapat pendirian dengan agenda – agenda penting berupa :
1. Daftar Hadir dan Tanda Tangan Pendiri
2. Daftar Hadir dan Cap Jempol Pendiri
3. Foto kopi KTP Pendiri

Pada saat artikel ini dibuat, tertulis di UUD No. ?? Tahun ?? bahwa salah satu syarat untuk mendirikan koperasi adalah jumlah pendiri paling sedikit berjumlah 20 orang. Banyak ya? memang. Tabah aja.

 

2. Rekomendasi

Pendirian sebuah koperasi seringkali dibuat berita acara dan notulensi pertemuannya ketika rapat pendirian yang juga dihadiri penyuluh koperasi. Bagaimana caranya mengundang penyuluh koperasi dari dinas koperasi setempat? Silahkan hubungi dinas – dinas terkait untuk lebih jelasnya. Setelah itu ingatlah untuk meminta kedua berkas yang tercantum dibawah :
1. Berita Acara Penyuluhan Koperasi dari Dinas Koperasi setempat
2. Rekomendasi pernyataan dari Dinas Koperasi setempat telah dilakukan Penyuluhan kepada Para Pendiri Koperasi.

Bentuknya seperti apa? nih lihat sendiri (hyperlink).

 

3. Pengurusan ke Notaris

Sudah semua? Dari sini, berkas – berkas (Berita Acara, Notulensi & Rekomendasi) yang telah terkumpul dibawa ke Notaris untuk penerbitan Akta Notaris Koperasi sekaligus pendaftaran untuk mendapatkan SK Kemenkop sebagian Badan Hukum Koperasi. Dari Notaris mendapat dua surat :
1. Akta Notaris Koperasi
2. SK Kemenkop Badan Hukum Koperasi

Selesai? Ya selesai! Cihuy. Masa tunggu untuk pengerjaan notaris ini beragam tergantung notarisnya serta dari Kementerian. Pengalaman yang kami dapat, rata – rata 2 minggu. Selepas dari itu silahkan hubungi : _______

 

Lalu Apa lagi?

Pada dasarnya, koperasi adalah sebuah lembaga usaha selayaknya badan usaha lain yang diakui negara. Karena itu lebih lanjut dibutuhkan pengurusan dokumen – dokumen penunjang usaha sebagai berikut :
– Domisili
– NPWP
– Rekening Bank
– TDP
– SIUP
– PKP

Nah, dua legalitas diatas (Akte Notaris Koperasi & SK Kemenkop) akan digunakan untuk mengurus dokumen berikutnya dan selalu disertakan dokumen pendukung lainnya sesuai ketentuan pengurusan dokumen – dokumen tersebut.

Ribet ya? Memang. Kalau buat PT bagaimana? Kurang lebih sama. Dari pertimbangan inilah KOSAKTI mencoba bergerak dengan model usaha berupa business provider yang bertujuan agar anggota pelaku usaha maupun yang baru ingin membuat usaha dapat langsung melakukan operasional usahanya tanpa perlu khawatie pengurusan kebutuhan – kebutuhan administrasi. Caranya? sesimpel menjadi anggota saja. Kalau tertarik silahkan hubungi kami di ________

Selamat membuat koperasi!

Panjang umur pergerakan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *