29/11/2015

Manifesto Kosakti

logov2

Manifesto
Koperasi Trisakti Bhakti Pertiwi

Kehidupan bersama bangsa Indonesia, pasca reformasi menghadapi tantangan pesat di berbagai bidang, politik,ekonomi, social dan budaya. Kita menghadapi krisis multi dimensi. Di bidang ekonomi kita kehilangan kemandirian, dalam berpolitik kita kehilangan kedaulatan, budaya kita telah tergerus dan sebagai bangsa kita semakin kehilangan karakter.

Di depan mata, kita menghadapi gejala degradasi moral kepemimpinan dalam bentuk praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Sementara system pembangunan menghasilkan kesejanjangan yang semakin melebar. Untuk itulah, melalui gerakan Koperasi Trisakti Bhakti Pertiwi kami bersatu dan saling membangun kepercayaan untuk berjuang bersama berdasarkan nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia da keberlanjutan daya dukung lingkungan. Gerakan Koperasi Bhakti Prtiwi merupakan perjuangan mempersatukan kekuatan ekonomi, sosial, budaya yang berserak dari mereka yang tersingkir dan termarginalkan, yaitu: petani, nelayan, masyarakat adat, buruh, kelompok miskin kota, kelompok perempuan dan berbagai kelompok rentan. Melalui Koperasi Trisakti Bhakti Pertiwi, kami juga menyerukan gerakan moral bersama untuk menjadikan kekuatan ekonomi lokal sebagai kekuatan kekuatan utama kemandirian ekonomi.

Melalui gerakan demokrasi partisipasi koperasi, kami ingin mengembalikan kedaulatan politik di tangan rakyat yang selama ini dibajak oleh kekuatan politik oligarki.

Melalui gerakan Koperasi Trisakti Bhakti pertiwi, kami ingin menjadikan pekerjaan sehari-hari sebagai bentuk pengadian dan perjuangan dengan menghargai nilai-nilai demokrasi, hak asasi, dan keberlanjutan daya dukung lingkungan, menempatkan modal sebagai pembantu dan bukan penentu serta meningkatkan kemajuan sosial anggota melalui pendidikan yang berkelanjutan.

Melalui Gerakan Koperasi Trisaki Bhakti Pertiwi, kami mempraktekkan dan mempromosikan konsep produksi etis, kerja etis, distribusi etis dan konsumsi etis.

Pada hari ini, kami, gerakan Koperasi Trisaki Bhakti Pertiwi menyatakan:

  1. Memperjuangkan terwujudnya tiga pilar Trisakti: mandiri di bidang ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkarakter dalam budaya;
  2. Turut mewujudkan demokrasi ekonomi dengan menjunjung asas kekeluargaan dan kegotong royongan;
  3. Berpijak pada nilai-nilai dan prinsip koperasi dalam setiap gerak perjuangan.

Jakarta, 30 November 2015

Anggota Koperasi Trisaki Bhakti Pertiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *