Apple Watch Series 7, dilengkapi dengan pengukur glukosa darah

Apple Watch Series 7 dikabarkan akan dirilis pada pertengahan September 2021. Saat diluncurkan, smartwatch tersebut dikabarkan akan hadir dengan sensor suhu tubuh dan pengukur glukosa darah.

Sebelumnya, Apple ingin memasukkan sensor suhu tubuh dalam model Apple Watch yang dirilis tahun ini. Namun, rencananya dimundurkan hingga 2022. Fungsi sensor suhu tubuh dimaksudkan untuk membantu mengidentifikasi gejala Covid-19.

Dapat memantau kadar glukosa
Selain sensor suhu tubuh, Apple Watch Series 7 juga dilengkapi dengan pengukur glukosa darah. Apple dan produsen jam tangan pintar lainnya mengandalkan aplikasi yang memungkinkan pengguna memasukkan kadar gula darah secara manual.

Sementara itu, perusahaan perangkat medis seperti Dexcom Inc. telah berbagi data dengan Apple untuk memantau kadar glukosa darah. Namun, fitur pemantauan glukosa darah tampaknya tidak siap untuk rilis komersial dalam waktu dekat.
Baca Juga: Telegram Hapus Fitur Baru WhatsApp

Analis industri terkemuka Ming Chi Kuo memprediksi bahwa seri terbaru Apple Watch ini akan hadir dengan fitur kesehatan seperti pemantauan glukosa darah.

Telah mengajukan paten ke AS
Baru-baru ini, Apple juga dikabarkan telah mengajukan paten ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Berdasarkan paten tersebut, Apple berencana menggunakan spektroskopi penyerapan untuk membaca glukosa darah secara non-invasif. Radiasi elektromagnetik yang diusulkan Apple akan mendeteksi gas dan sifat bahan cair atau padat.

Seperti yang disebutkan Apple dalam patennya, teknologi ini membutuhkan sensor gas karena dapat memengaruhi tingkat perlindungan air.

Namun, fungsi yang berhubungan dengan kesehatan seperti pemantauan glukosa darah harus akurat. Sehingga kesehatan dan keselamatan pengguna dapat terjamin dan tidak terancam punah. Karena itu, Apple belum menemukan cara untuk mengelolanya di jajaran jam tangan pintar terbarunya.

Sumber :