Cara membaca pesan WhatsApp yang dihapus

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini juga digunakan untuk memudahkan penyampaian pesan dalam kegiatan belajar dan perkantoran. Namun, sejak adanya fitur penghapusan pesan, banyak pihak yang penasaran dengan isi pesan yang dihapus oleh pengirimnya.

Pada dasarnya, pesan WhatsApp yang dihapus tidak hilang sama sekali. Bahkan ada beberapa cara agar pengirim dan penerima dapat mengakses teks yang dihapus. TEKNOKARTA bagikan tips cara membaca pesan WhatsApp yang terhapus.

Penekanan tombol kirim yang tidak disengaja, kesalahan ketik atau lebih dikenal dengan kesalahan ketik atau mungkin salah memasukkan obrolan saat mengirim pesan adalah berbagai alasan untuk menghapus pesan Anda saat menggunakan WhatsApp.

Sejak 2017, Messenger telah menawarkan kepada penggunanya opsi untuk menghapus pesan terkirim dari riwayat pesan. Namun, itu tidak berarti bahwa pesan tersebut hilang selamanya dan tidak dapat ditarik kembali. TEKNOKARTA menunjukkan cara mengakses pesan yang dihapus oleh pengirim.
Pesan WhatsApp yang dihapus tidak hilang selamanya

Selama beberapa tahun, pengguna WhatsApp telah dapat menghapus pesan dari riwayat obrolan dengan mengetuk lama pesan yang relevan dan kemudian mengklik ikon “Hapus” di bilah opsi yang muncul di bagian atas. Kemudian Anda dapat memilih untuk menghapus pesan untuk diri sendiri atau untuk semua orang. Alih-alih mengirim teks, sistem mengatakan, “Anda menghapus pesan ini.”

Tampilan ini dapat dihapus secara permanen dari riwayat Anda sendiri dengan mencoba menghapusnya lagi. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa penerima akan menerima pesan dari sistem bahwa pengirim telah menghapus pesan untuk mereka. Oleh karena itu yang terbaik adalah memastikan bahwa Anda telah mengkonfirmasi kebenaran pesan yang akan dikirim.

Untuk alasan keamanan, pesan-pesan ini tidak dihapus secara permanen dari WhatsApp, tetapi dicatat dan disimpan. Pada prinsipnya, pesan tersebut tidak dihapus sama sekali oleh sistem, hanya saja tidak lagi ditampilkan kepada pengguna. Namun, pesan-pesan ini masih tersedia sepenuhnya di log obrolan.

// Baca Juga : Cara Praktis Mengatasi Internal Storage Full di Smartphone Android
Cara Memulihkan Pesan WhastApp yang Dihapus

Berikut adalah 2 opsi terbaik untuk membaca pesan WhatsApp yang dihapus oleh pengirim. Bagaimanapun, pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Opsi 1: Pesan dalam penawaran

Dalam situasi tertentu, pesan yang dihapus masih dapat dilihat. Ini juga kesempatan pertama untuk melihatnya lagi setelah dihapus. Jika teks yang dihapus dikutip dalam obrolan orang lain, kutipan tersebut masih dapat dilihat oleh semua orang, meskipun pesan aslinya tidak lagi. Hal ini karena jika terdapat kutipan, pesan yang sebenarnya akan disalin dan ditempelkan kembali dari kutipan tersebut sebagai pesan yang berdiri sendiri.
Opsi 2: Gunakan aplikasi pemulihan

Aplikasi seperti Notification History Log, yang membuat lognya sendiri, bagus untuk membaca pesan yang dihapus. Aplikasi dapat merekam riwayat percakapan hanya setelah penginstalan. Jika pesan sebelumnya telah dihapus, isi pesan yang dihapus tidak dapat disimpan. Namun, perhatikan bahwa Anda harus memberikan aplikasi ini akses penuh ke akun WhatsApp Anda.

Instal aplikasi dan izinkan akses ke WhatsApp. Di bawah tab Riwayat Lanjutan, Anda dapat melihat semua notifikasi yang masuk. Kemudian buka notifikasi WhatsApp dan kemudian pesan yang dihapus. Notifikasi penghapusan teks, juga terlihat di obrolan biasa, kini berisi pesan asli.
Jadilah pintar untuk memulihkan pesan yang dihapus

Mengetahui bahwa pesan telah dihapus oleh pengirim terkadang agak aneh, tetapi perlu diingat bahwa ada alasan bagus mengapa pengirim harus melakukannya. Terkadang kita harus mengabaikan pesan yang sudah dihapus demi kenyamanan bersama antara pengirim dan penerima pesan. Jadi disarankan untuk tidak selalu memulihkan pesan yang dihapus. Jika Anda masih penasaran dengan isi pesannya, Anda mungkin bisa bertanya langsung kepada pengirimnya.

Semoga tips cara membaca pesan WhatsApp yang dihapus pengirim pada artikel ini dapat membantu banyak penderita. Terimakasih banyak

Sumber :