Ulasan Seagate IronWolf 510, Cepat untuk NAS dan Laptop!

IronWolf 510 Seagate dirancang untuk penggunaan 24/7 pada NAS dan dapat mempertahankan kecepatan baca dan tulis pada NAS dan laptop.

Ulasan Seagate IronWolf 510, Cepat untuk NAS dan Laptop!

Dalam setahun terakhir ini, jumlah pengguna NAS tampaknya terus meningkat. Mengingat tren ini, produsen NAS terus menghadirkan teknologi baru ke dalam produk mereka untuk mempermudah pekerjaan penggunanya.

Dari berbagai fitur baru tersebut, salah satu yang paling dinanti oleh pengguna adalah hadirnya slot SSD M.2 pada NAS yang menawarkan performa lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan HDD.

Namun, saat ini masih sangat jarang ditemukan SSD M.2 yang didedikasikan untuk NAS. Anda tidak perlu khawatir, karena Seagate baru saja merilis IronWolf 510 SSD, SSD format M.2 NVMe yang dirancang khusus untuk NAS.

Pada kesempatan kali ini kami menguji kecepatan SSD ini baik di NAS maupun laptop. Kami akan membuat perbandingan dengan beberapa SSD M.2 lainnya yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari. Berikut perbandingannya:

Seperti yang dapat Anda lihat dari hasil benchmark di atas, Seagate IronWolf 510 masih tertinggal dari SSD M.2 NVMe performa spesifik dalam hal kecepatan. Namun, dibandingkan dengan SSD NVMe standar, kecepatannya masih lebih baik dalam pengujian NAS dan pengujian laptop.

Hal ini membuat IronWolf 510 tidak hanya cocok untuk penggunaan NAS, tetapi juga bagi mereka yang menginginkan penyimpanan cepat dan masa pakai yang sangat lama.

Belum lagi, kecepatan yang kami dapatkan dari pengujian masih dalam kesalahan kecepatan yang dijanjikan Seagate. Mereka menjanjikan kecepatan baca hingga 3150 MB/s dan kecepatan tulis hingga 1000 MB/s.

Untuk spesifikasinya sendiri, SSD IronWolf 510 menggunakan pengontrol 3D TLC NAND dengan konektor PCIe Gen 3 x4. Meski masih belum menggunakan standar PCIe Gen 4, namun kecepatannya cukup cepat.

Sumber :