4 Cara Mengonversi Word ke PDF untuk Tujuan Tertentu

Cara mengonversi Word ke PDF akan membantu Anda mengonversi bentuk file ke bentuk lain untuk tujuan tertentu. Dengannya, Anda tidak akan kesulitan menyelesaikan tugas harian atau pekerjaan yang ada.

Di sekolah, tentunya para pekerja dihadapkan pada berbagai dokumen. Misalnya Word, PDF, XLS dan sebagainya. Namun, untuk beberapa tujuan, dokumen perlu dikonversi ke format lain.

Apalagi jika data tersebut ditujukan untuk kegiatan publikasi. Tentu saja, keselamatan adalah yang terpenting karena ini menyangkut pekerjaan orang lain. Satu hal yang bisa dilakukan adalah mengubahnya menjadi format PDF. Ini karena format ini bersifat permanen dan karenanya tidak dapat diubah.

Menggunakan format ini juga memudahkan orang lain untuk membuka file Anda, meskipun mereka tidak memiliki aplikasi Word di perangkat mereka. Diukur dengan definisi format dokumen portabel yang memungkinkannya dibuka di perangkat apa pun.

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengkonversi format dokumen Word ke format PDF. Ada aplikasi bawaan atau melalui akses online. Ini membuat aplikasi bekerja lebih mudah.
Cara mengonversi Word ke PDF menggunakan Microsoft Office

Jika perangkat Anda menggunakan Microsoft Office untuk membuat dokumen. Maka mudah untuk menyimpannya dalam format PDF. Ini adalah yang paling umum digunakan. Caranya sama dengan menyimpan dokumen biasa, hanya formatnya saja yang diubah.

Silahkan buka MS Word dan edit teksnya.
Kemudian pilih "Save As" dan tentukan folder untuk menyimpan.
Kemudian pilih format PDF di bawah "Jenis file". Anda dapat mengubah nama dokumen jika perlu.
Kemudian akhirnya "simpan" dan dokumennya adalah PDF.

Konversi Word ke PDF dengan WPS Office

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi WPS Office. Perangkat lunak ini dapat digunakan di perangkat yang berbeda. Ini juga gratis digunakan untuk mengubah format file dalam versi yang berbeda. Salah satunya adalah versi PDF.

WPS Office adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kingsoft. Anda dapat menggunakan fitur seperti spreadsheet, presentasi, dan penulis. Untuk ketiganya sama seperti aplikasi Word, Excel dan PowerPoint di sistem Microsoft Office.

Buka aplikasi WPS Office ini.
Kemudian pilih "Menu" dan kemudian "Ekspor sebagai PDF".
Kemudian periksa file yang akan diubah dan disimpan.
Harap ubah nama file dan klik ikon "Ekspor ke PDF".
Selesai

Cara Mengonversi Word ke PDF dengan Google Drive

Google Drive menawarkan tiga aplikasi yaitu Sheets, Slides dan Documents yang memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi di Microsoft Office. Anda menggunakan aplikasi ini untuk mengonversi file Word ke format PDF. Hal ini terjadi dengan jaringan internet. Jika Anda menggunakan laptop pertama

Silahkan upload file yang akan diubah.
Kemudian klik dua kali dan pilih "File".
Kemudian pilih fungsi "Unduh".
Pilih "Dokumen PDF".
Setelah itu, dokumen disimpan di laptop.

Konversi Word ke PDF secara online

Dibandingkan ketiga cara sebelumnya, ada cara yang lebih cepat yang dilakukan secara online. Ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengonversi kata ke format PDF. Di mesin pencari Anda dapat memilih platform. Selain itu, juga gratis untuk digunakan.

Umumnya, Anda akan diminta untuk mengunggah file yang ingin Anda ubah.
Kemudian cukup ikuti instruksi di platform.
Terakhir, Anda tinggal mendownload hasil edit online tersebut.

Menggunakan format ini memudahkan orang lain untuk membuka file yang Anda kirim atau posting. Karena pembukaan multiplatformnya, format ini banyak digunakan. Maka Anda perlu tahu cara mengonversi Word ke PDF.

Sumber :